Pengertian Hardware, Komponen Hardware, Fungsi Hardware (Gambar)
HARDWARE
Hi Semuanya, kembali lagi di Yogan’s Blog!
Minggu ini saya akan menjelaskan secara lengkap APA ITU HARDWARE? Di dunia
teknologi banyak sekali ada HARDWARE.
A.PENGERTIAN HARDWARE
Perangkat Keras Komputer adalah
Semua bagian fisik komputer , hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga
dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer
yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk
nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah
ditentukan atau disebut juga dengan istilah “instruction set”. Adanya perintah
yang dapat dimengerti oleh hardware, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.. atau
lebih singkatnya adalah komponen yang dapat dilihat dari segi fisik dan bisa Hardware adalah sebagai berikut:
Gambar
1.1 Komponen Hardware
B.KOMPONEN
HARDWARE
1.
Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan
(Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard,
Mouse, dan Joystick.
2.
Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer
untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada
sebuah komputer.
3.
Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk
menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya
adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
C.
FUNGSI KOMPONEN HARDWARE
1. Unit Masukan
( Input Device )
Beberapa perangkat masukan tersebut adalah :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar
Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard
sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2,
usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Gambar 1.2 Keyboard
Keyboard yang banyak dipakai adalah keyboard jenis QWERTY/ABCD, yang bentuknya
ini mirip seperti tuts pada mesin tik.
Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.typewriter key
2.numeric key
3.function key
4.special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). Sinyal- sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda
(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan
klik kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial,
mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar 1.3 Mouse
c.
Touchpad
Unit
masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
Gambar 1.4 TouchPad
d.
Light Pen
Light
pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain
gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Gambar 1.5 Light Pen
e.
Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
Gambar 1.6 Joystick
f.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi
untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam
memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk
ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga
kita dapat melakukan perbaikan.
Gambar 1.7 Scanner
g.Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Gambar 1.8 Kamera
i.
Mikrofon Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam
atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara.
Gambar1.9. Mikrofon
2. Process device (unit Pemrosesan)
a. Power Supplay
Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power
supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk
digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja
komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup
bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya
400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan
Periferal ( unit tambahan).
Gambar 2.0 Supply
. RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM
merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah
pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer
yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan
menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat
untuk diolah menjadi informasi.
Gambar 2.1 RAM
c. Prosesor
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari
komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks
yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet,
memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi.
Gambar 2.2 Prosesor
d. Motherboard
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen
elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada
motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu
grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui
dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan
dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Gambar 2.3 Mother Board
4. Output device (
Unit keluaran )
A.Monitor (Layar Cembung/Datar)
Monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan
pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai
dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis
dengan layar datar (flat).
Gambar
2.4 Monitor
b. Printer
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi
untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari
komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam,
yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
Gambar
2.5 printer
c. Speaker
Sepaker
di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Gambar
2.6 Speaker
4.Backing Storage ( unit penyimpanan)
v Perangkat simpan SASD
SASD
(sequental access storage device) merupakan perangkat simpan yang bekerja
secara sekuensial. Perangkat simpanan ini bekerja dengan cara membaca atau
menulis data secara urut dari awal sampai akhir tanpa ada kemungkinan meloncat
atau melewati bagian tertentu. Contoh perangkat simpan ini adalah kaset
atau magnetic tape.
Perangkat
simpan ini relatif lambat tetapi harganya murah. Perangkat simpan SASD biasanya
digunakan untuk membuat cadangan (back up) data dan program karena untuk
membuat data cadangan tidak diperlukan kecepatan tinggi
Gambar 2.7 Kaset
v Perangkat Simpan DASD
DASD
(direct access storage device) merupakan perangkat simpan yang bekerja dengan
cara langsung. Perangkat tersebut dapat membaca atau menulis langsung di tempat
yang diperlukan. Contoh perangkat ini adalah disket, disk (CD/DVD, optical
disk), harddisk, dan Zip disk.
Keuntungan
dari media DASD adalah kejanya cepat, tetapi kelemahannya adalah harganya
kadang-kadang masih terhitung mahal, terutama bila diperhitungkan alat pembaca
dan penulisnya.
Gambar 2.8 CD
v. Perangkat Simpan Flash
Perangkat
simpan flash adalah perangkat berbentuk kepingan memori, sehingga tidak
memerlukan gerakan fisik. Karena tidak memerlukan gerakan fisik, perangkat ini
dapat membaca dan menulis data dengan cepat. Itulah sebabnya perangkat ini
disebut flash karena dapat dianggap bekerja secepat kilat.
Gambar 2.9 Flashdisk
SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH. Semoga Bermanfaat agi kawan-kawan.
Share dan Comment artikel ini :)
Beberapa Sumber:https://en.wikipedia.org/wiki/Computer_hardware
Share dan Comment artikel ini :)
Beberapa Sumber:https://en.wikipedia.org/wiki/Computer_hardware
Komentar
Posting Komentar